Corner Motor : Tips Mengembalikan Kondisi Motor yang Terkena Banjir

Corner Motor

Kondisi cuaca atau curah hujan kerap kali sulit diprediksi, tentu membuat was-was pengendara, khususnya sepeda motor. Bencana banjir pun suka atau tidak suka seringkali datang menghantui dan mau tidak mau harus dihadapi. Untuk itu PT Wahana Makmur Sejati melalui Q & A Book, memberikan pengetahuan tentang beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menghadapi banjir atau hujan.

Bagaimana cara mengembalikan kondisi motor yang terkena banjir ? Dalam kondisi demikian, jangan memaksakan motor untuk dihidupkan, karena kotoran atau endapan lumpur dapat masuk ke dalam mesin dan dapat menyebabkan keausan. Jadi tindakan yang tepat adalah mesin harus dibuka, mulai dari crankcase, bak kopling, blok silinder dan kepala silinder, hingga karburator. Setelah itu, semua komponen direndam dalam bensin atau cairan penetran guna menghilangkan karat. Apabila Anda kurang berpengalaman, sebaiknya serahkan ke ahlinya, atau bagi pemilik motor Honda sebaiknya dilakukan oleh mekanik AHASS yang berpengalaman.

Untuk sistem kelistrikan, buka semua peranti listrik sepeda motor Honda Anda, seperti saklar, konektor kabel, spool, motor starter hingga fitting bohlam, bila tidak segera dibuka bisa berdampak korosi yang dapat menyebabkan korsleting. Apabila semua piranti listrik sudah terbuka, keringkan dengan dijemur atau menggunakan kompresor, jangan lupa semprotkan cairan anti karat. Terakhir pasang kembali komponen mesin dan listrik, dan lakukan penqetesan.

Ngelock

Persoalan rem belakang mengunci sendiri (nge-lock) setelah terkena hujan atau lewat genangan air kerap kali muncul di saat musim hujan seperti sekarang. Apa penyebabnya?

Hal tersebut atas bisa disebabkan permukaan kanvas rem yang basah atau lembab. Nah, kondisi yang basah dan lembab ini akan menjadi lengket ketika menempel ke permukaan tromol. Cara mengatasinya adalah, setelah kena hujan, lewat genangan air/banjir ataupun setelah dicuci segeralah main-mainkan rem beberapa saat sambil motor berjalan untuk mengeringkan ruangan tromol dan juga permukaan kanvas rem.

Corner Motor dari untukku.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: