Cara Kerja Motor 4-tak

 

Mengapa mesin disebut 4 tak, karena memang ada 4 langkah. Berikut adalah detail dari setiap proses. Untuk memudahkannya, maka setting email anda ke HTML sehingga gambar akan terlihat berurutan. Gambar diambil dari website http://www.howstuffworks.com/engine.htm. Pada website ini, gambar terlihat bergerak. Tetapi untuk memudahkan, gambar sengaja diset per langkah.
4-stroke-engine

1. Intake
Disebut langkah intake karena langkah pertama adalah menghisap melalui piston dari karburator. Pasokan bahan bakar tidak cukup hanya dari semprotan karburator. Cara kerjanya adalah sbb. Piston pertama kali berada di posisi atas (atau disebut Titik Mati Atas). Lalu piston menghisap bahan bakar yang sudah disetting/dicampur antara bensin dan udara di karburator. Piston lalu mundur menghisap bahan bakar. Untuk membuka, diperlukan klep atau valve inlet yang akan membuka pada saat piston turun/menghisap ke arah bawah.

Gerakan valve atau inlet diatur oleh camshaft secara mekanis. Yakni, camshaft mengatur besaran bukaan klep dengan cara menekan tuas klep. Camshaft sendiri digerakan oleh rantai keteng yang disambungkan antara camshaft ke crankshaft. Untuk detilnya, lihat gambar berikut.

Perhatikan bahwa A adalah Intake Valve (klep masuk bahan bakar) dan klep ini ditekan (membuka) karena I (camshaft) menekan valve A. Dengan demikian, pada saat piston turun, maka A terbuka sekaligus bahan bakar ditarik masuk ke ruang bakar. A akan menutup sampai batas tertentu sebelum langkah kedua : kompresi. Rantai keteng tidak terlihat karena akan sulit digambarkan di atas, tetapi crankshaft (P) terhubung dengan camshaft (I). Beberapa mobil Eropa seperti Mercedez menggunakan rantai sebagai penghubung antara crankshaft dan camshaft, tetapi umumnya di mobil Jepang menggunakan belt yang kita kenal sebagai timing belt.

2. Kompresi
Langkah ini adalah lanjutan dari langkah di atas. Setelah piston mencapai titik terbawah di tahapan intake, lalu valve intake tertutup, dan dilakukan proses kompresi. Yakni, bahan bakar yang sudah ada di ruang bakar dimampatkan. Ruangan sudah tertutup rapat karena kedua valve (intake dan exhaust) tertutup. Proses ini terus berjalan sampai langkah berikut yakni meledaknya busi di langkah ke 3.

3. Combustion (Pembakaran)

Tahap berikut adalah busi pada titik tertentu akan meledak setelah PISTON BERGERAK MENCAPAI TITIK MATI ATAS DAN MUNDUR BEBERAPA DERAJAT. Jadi, busi tidak meledak pada saat piston di titik paling atas (disebut titik 0 derajat), tetapi piston mundur dulu, baru meledak. Hal ini karena untuk menghindari adanya energi yang terbuang sia-sia karena pada saat piston di titik mati atas, masih ada energi laten (yang tersimpan akibat dorongan proses kompresi). Jika pada titik 0 derajat busi meledak, bisa jadi piston mundur tetapi mengengkol crankshaft ke arah belakang (motor mundur ke belakang, bukan memutar roda ke depan).

Setelah proses pembakaran, maka piston memiliki energi untuk mendorong crankshaft yang nantinya akan dialirkan melalui gearbox dan sproket, rantai, dan terakhir ke roda.

4. Exhaust (Pembuangan)

Langkah terakhir ini dilakukan setelah pembakaran. Piston akibat pembakaran akan terdorong hingga ke titik yang paling bawah, atau disebut Titik Mati Bawah. Setelah itu, piston akan mendorong ke depan dan klep exhaust membuka sementara klep intake tertutup. Oleh karena itu, maka gas buang akan terdorong masuk ke lubang Exhaust Port (atau kita bilang lubang sambungan ke knalpot). Dengan demikian, maka kita bisa membuang semua sisa gas buang akibat pembakaran. Dan setelah bersih kembali, lalu kita akan masuk lagi mengulangi langkah ke 1 lagi.

 

About these ads

29 Responses

  1. sip mas thanks, untuk ilmunya

  2. thank,.,.
    kalau ada artikel baru tolong kirimi saya lewat email ya,.,.,.

  3. thx bro…for information…
    kalau bisa ada atrikel mengenai cara kerja MATIC..”

  4. makasich ya mas tapi saya minta tolong ditambah lagi donk cara kerja mesin motor yang lain nya krn kan bukan piston aja yang ada di motor ……………………………..
    itu kalau emang anda ahli ttg motor ……………………………
    kalau gx percuma aja anda memberikan ilmu anda kpd orang lain kalau anda sendiri pun belum ahli ttg motor ……………………
    dan itu akan membuat orang yg membaca semakin bodoh dan bodoh krn membaca beritan yg salah ………………………………
    SORY YA KALAU INI MENYINGGUNG ANDA TAPI AKU KAN HANYA KOMENTAR LAGI PULA INI KAN MAU PUASA & LEBARAN JADI JGN MARAH YAAAAAAAAAAAA………………………..

  5. mas, bagi ilmunya dunk,,,,,,,,,,

  6. bos kirimi postingan ke blog ana ya untuk belajar,

  7. ente kasih ilmu ane kasih snyum.tp jk ilmu yg ente kasih ke ane asal. .ane kasih masuk ni seher skalian silindernye keperut ente. . . .by.londho banyuwangi

  8. knpa cie lsatri f to,low udah di pakai 1 tahn atau lebih suara na seperti kacang goreng,,,,
    n gie mana cara menghalus kn suara yg sudah hncur to,,,

    alnya bnyak bgt konsum ngelu to mesin satria f ,,,,?????

  9. knapa to bs terjadi,aq jadi bingung dengan mesin seprti satria f to,,,,,

    mnta solusi donk,,,

  10. alangkh baiknya disetiap pengertiannya itu ada gambar gambr yang menyertainya sehingga kami membaca lebih mudah untuk mengerti

  11. MAS CARA MEMASANG TOP APABILA MOTOR SETELAH DIPERBAIKI ,,RANTAI TIMING CHAIN DITARUH TOP KOMPRESI APA TOP SEBELUM HISAP.MOTOR HONDA

  12. bagus lebih jelas dari yang lain.

  13. mantab bosss…………
    terima kasih buanyaaaak ilmunya…..

  14. Mantap!!!! HT di kaskus nih.

  15. niceinfo

  16. Kadang kita salah paham mas, menafsirkan antara teori dan praktek. karena yang banyak terjadi sekarang, teori yang diberikan oleh para orang2 pintar oke tetapi setelah di praktekkan di lapangan hasilnya malah mines. Jadi masukan saya praktek 80 % dan teorinya, sisa dari 100 % = 20 %. Thank’s mas, atas ulasannya ,,,,,,,,,,,,

  17. saya menyukai otomotif

  18. mas motor saya, over gigi persenelengnya. aga macet/susah . bgmn cara service nya? mksh

  19. sya suka motor tapi ga taw ngerjain mesin motor?? hehehe nda ad pengalaman kali yahh.

  20. Tr!ma ks!h x ka atas !nformasi nx..dg bntuan k2 tugas sekolah sya bsa selesa!

  21. spuyer yg ukuran brra biarr mesin bwa beban berat jaddi enak mas

    mksh

  22. mat malam mas, gini mas saya mau nanya apa masalahnya motor fiz r lambat naik powernya? makasih

  23. koq ga ad penjelasan tentang ranrai kamprat….?
    w sih pengen nya di lengkapin..

  24. putaran yang menekan klep keatas dan kebawah itu otomatis atau enngak mas

  25. mas gmna y cara nyeting gigi persneleng

  26. wahh… ane baru tahu…. kayaknya gampang yach…bisa dipraktekin buat sendiri ga gan???

  27. bro kalau motor engasap apanya yng kenak ya…? klep ap reng na?

  28. saya pingin tw bgai mna cra krja mesin 4 tak……………………….
    jdi tlong ea pak,beri tw cra krja msinnya ea pak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: